• RSS
Terbaru
Loading...

Monday, June 16, 2014

Ciri - Ciri Amal yang Ikhlas

in Akhlak dan adab , Aqidah , Muhasabah


Ciri - ciri Amal yang Ikhlas

  1.  Orang yang Ikhlas; kuatir terhadap ketenaran serta keharuman nama atas dirinya dan agamanya, terutama bila ia termasuk orang- orang yang berprestasi. Ia meyakini bahwa Allah Ta'ala menerima amal berdasarkan niat yang tersimpan dalam hati, tidak dengan penampilan.
     
  2. Orang - orang yang ikhlas;  selalu menuduh dirinya teledor dalam menunaikan hak - hak Allah Ta'ala dan teledor dalam melaksanakan berbagai kewajiban.

     

  3. Orang yang ikhlas; lebih mencintai amal yang tersembunyi daripada amal yang diliputi hiruk - pikuk publikasi dan gaung ketenaran.

     

  4. Orang yang ikhlas; Saat menjadi pemimpin dan anggota tidak berbeda, selama keduanya masih dalam rangka memberikan pelayanan dakwah.

     

  5. Orang yang ikhlas; Tidak menggublis dan tidak  mengharapkan keridhaan manusia.

     

  6. Orang yang ikhlas; kecintaan dan kemarahannya, pemberian dan keengganannya, serta keridhaan dan kemurkaannya adalah karena Allah Ta'ala dan agamanya, bukan karena kepentingan pribadi atau kemaslahatan diri sendiri.

     

  7. Orang yang ikhlas tidak marah, atau menggerutu, lalu meninggalkan aktifitas, pergerakan, dan tidak jauh dari meninggalkan medan jihad, bila ada saudaranya menegur atas kesalahan atau mengucapkan kata - kata yang menyakiti, melukai perasaannya, atau menjelekkan salah seorang teman dekat dan kerabatnya.

     

  8. Orang yang ikhlas; tidak menjadi malas, jenuh atau berputus asa, karena panjangnya jalan yang dilalui, lamanya waktu memanen buah dari amal.

     

  9. Orang yang ikhlas; bergembira dengan munculnya orang - orang yang berprestasi di dalam barisan dakwah, yang dapat mengibarkan bendera dakwah serta berprestasi dalam perjuangan.


Baca juga Membangun "Karakter Muslimah Sejati"  dan "Lembaran Muhasabah Harian".


Raih amal Sholih : Sampaikanlah walau hanya satu ayat!