• RSS
Terbaru
Loading...

Sunday, June 15, 2014

Membangun Karakter Muslimah Sejati

in Akhlak dan adab , Aqidah , Muslimah



http://kadohosriah.blogspot.com/2014/06/membangun-karakter-muslimah-sejati.html
Pada dasarnya Seorang muslimah memiliki dua ciri karakter utama, pertama adalah taat pada Allah Ta'ala dan Rasul-Nya kemudian yang kedua taat kepada suaminya.

Hal itu sesuai dengan Firman Allah Ta'ala :

"Maka wanita sholihah itu adalah wanita yang taat beribadah kepada Allah dan taat kepada suaminya, sebagaimana Allah telah menjaga dirinya..... " (QS An Nisaa : 34).

Itulah dua ciri pokok utama yang menunjukkan kesholihah seorang wanita muslimah.

Karekter Muslimah pertama : Taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Allah Ta'ala berfirman dalam Kitab-Nya :

"Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya)." (QS Al Anfal : 20.

Ayat tersebut merupakan perintah Allah Ta'ala kepada hamba - hamba-Nya yang beriman secara umum, baik laki - laki maupun wanita. Ayat tersebut juga merupakan ayat Jawami'ul kalim (kalimat yang singkat namun memiliki makna yang sangat mendalam). Konsekuesi dari ayat tersebut mengharuskan setiap muslimah untuk mentaati Allah Ta'ala dan Rasul-Ny atas setiap perintah dan larangan.


Karekter Muslimah kedua : Taat kepada suami

Tidak ada yang lebih utama bagi wanita muslimah yang telah menikah, setelah taatnya kepada Allah dan Rasul-Nya melainkan ia harus taat pada suaminya. Bahkan ciri utama kesholihah seorang wanita muslimah terletak pada rasa takutnya, jika sang suami tidak memberikan ridho kepadanya. Karena ridho Allah terletak pada ridho suaminya. Maka nilai kebaikan seorang muslimah terletak pada ketaatannya kepada  suami, sejauh mana ia menunaikan kewajiban, sejauh itu pula nilai kesholihannya. Rasullulah صلی الله عليه وسلم bersabda :

"Sesungguhnya seorang istri belum dikatakan menunaikan kewajiban terhadap Allah sehingga ia menunaikan kewajiban kepada suaminya seluruhnya. Dan andaikan (suaminya) membutuhkan dirinya di atas kendaraan, maka dia tidak berhak menolaknya." (HR Thabrani).

Rasullulah صلی الله عليه وسلم menjanjikan pahala yang besar bagi  seorang istri yang taat kepada suaminya :

"Jika seorang istri itu telah menunaikan sholat lima waktu, shaum di bulan ramadhan, dan menjaga kemaluannya dari yang haram, serta taat kepada suaminya, maka akan dipersilahkan untuk masuk syurga dari pintu mana saja yang ia sukai." (HR Ahmad dan Thabrani).

Demikianlah, dua poin utama dalam membangun karakter muslimah sejati, semoga dapat di ambil ibrah dan manfaatnya.


Baca juga "Tiga Syarat Utama Sempurnanya Ibadah" dan "Apakah Saya Seorang Muslimah ?"


Raih amal Sholih : Sampaikanlah walau hanya satu ayat