• RSS
Terbaru
Loading...

Thursday, July 3, 2014

Memahami Potensi Eksternal Manusia

in Aqidah , Insan
Bismillahirrahmanirrahiim.


Memahami Potensi Eksternal ManusiaSelain di samping potensi internal yang melekat erat pada diri manusia. Allah Subhanahu wa Ta’ala sertakan juga potensi eksternal sebagai pengarah dan pembimbing potensi-potensi internal itu agar berjalan sesuai dengan kehendak-Nya. Tanpa arahan potensi eksternal ini, maka potensi internal tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan.

1. Potensi Huda, yaitu petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mempertegas nilai kebenaran yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada Rasul-Nya untuk membimbing umat manusia menuju jalan yang lurus. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

"Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir." (QS. Al Insaan : 3).

"... Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati." ( QS. Al Baqarah : 38).

2. Potensi Alam, adalah merupakan potensi eksternal kedua untuk membimbing umat manusia melaksanakan fungsinya. Setiap sisi alam semesta ini merupakan ayat-ayat Allah SWT yang dengannya manusia dapat mencapai kebenaran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imraan : 90-91).

"Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa, Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (QS Al Baqarah : 21-22).


Semoga bermanfaat


Baca Juga "Potensi Internal Manusia (bag. 1)" dan "Potensi Internal Manusia (bag. 2)"


 Raih amal Sholih : Sampaikanlah walau hanya satu ayat!