• RSS
Terbaru
Loading...

Wednesday, July 2, 2014

Potensi Internal Manusia (Aqliyah & Jasmaniyah)

in Aqidah , Insan
Bismillahirrahmanirrahiim.

Sambungan dari atrikel Potensi Internal Manusia (Fitriyah & Ruhiyah)


Potensi Internal Manusia (Aqliyah & Jasmaniyah)3. Potensi Aqliyah, terdiri dari panca indera dan akal pikiran (sam'a, basar, fu'ad). Dengan potensi ini, manusia dapat membuktikan dengan daya nalar dan ilmiah, tentang 'Kekuasaan' Allah Ta'ala, serta dengan potensi ini, ia dapat mempelajari dan memahami dengan benar seluruh hal yang bermanfaat baginya yang tentu harus diterima dan hal yang mudharat baginya dan tentu harus dihindari.

Allah Ta'ala berfirman : "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur." (QS An Nahl : 78).

Potensi inilah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah Ta'ala. Dalam hal ini Allah Ta'ala berfirman :

"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak memiliki ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya kan dimintai pertanggungjawaban." (QS. Al Israa : 36).

Manusia yang tidak mempergunakan potensi ini, maka sungguh ia telah menyia-nyiakan kelebihan dan keutamaan yang Allah Ta'ala berikan, sehingga ia tidak pantas mendapat fadhal di sisi Allah Ta'ala, tetapi ia sama dengan makhluk yang terendah yaitu binatang ternak, bahkan lebih hina lagi.

Allah Ta'ala berfirman : "Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai." (QS. Al A'raf : 179).

4. Potensi Jasmaniyah, yaitu kemampuan tubuh manusia yang telah Allah Ta'ala ciptakan dengan sempurna, baik rupa, kekuatan dan kemampuan. Sebagaimana Firman Allah Ta'ala :

"sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ." (QS. At Tiin : 4)

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan haq. Dia membentuk rupamu dan dibaguskanNya rupamu itu dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu)" (QS. At Taghaabun : 3)

Potensi jasmaniyah ini adalah merupakan basth fil khalqi, sebagai modal utama untuk maelaksanakan tugasnya.

Somoga bermanfaat.


Baca Juga "Potensi Internal Manusia (Fitriyah & Ruhiyah) dan "Meraih Keutamaan Taat pada Suami"


Raih amal Sholih : Sampaikanlah walau hanya satu ayat!