• RSS
Terbaru
Loading...

Thursday, June 12, 2014

Keutamaan Wanita Sholihah (Bag 1)

in Aqidah , Muhasabah
Keutamaan Wanita MuslimahRasullulah SAW pernah bersabda :
"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik baik perhiasan adalah wanita Sholihah." (HR Muslim)

Seorang ahli hikmah berkata, "Wanita adalah tiang negara, bila wanita itu baik, maka akan baiklah negara itu, tetapi bila ia rusak, maka rusak pulalah negara itu."


Sabda Rasullulah SAW :
"Ada empat perkara bagi seseorang, yaitu apabila ia memiliki istri yang sholihah, memiliki anak yang sholih, bergaul dengan orang - orang yang sholih dan memiliki sumber kehidupan dimana ia berada (dalam negerinya)." (HR Ad Dailami)


Dalam sabdanya yang lain Rasullulah SAW menyebut seorang wanita sholihah dengan sebaik - baik simpanan. beliau bersabda :
Dari Ibnu Abbas Ra berkata, berkata Rasullulah SAW kepada Umar Ra : "Tidakkah kamu ingin aku beritahu tentang sebaik - baik simpanan seseorang ? Ia adalah seorang wanita sholihah yang apabila suaminya mendatanginya, ia menyenangkan. Apabila diperintah, ia taat, dan apabila suaminya tidak ada, ia menjaga kehormatannya." (HR Abu Daud)

Lebih dari itu Allah SWT juga menyebutkan wanita sholihah dalam salah satu firman-Nya : "... Sebab itu maka wanita yang sholihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)." (QS. An Nisa : 34)

Jika demikian, betapa agungnya nilai wanita sholihah di sisi Allah SWT, betapa mulianya dia dan betapa tinggi kedudukannya. Sungguh berbahagialah seorang wanita yang telah memperoleh predikat shalilah, karena Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar baginya, dan surga yang mengalir di bawahnya sungai - sungai serta mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Secara lahiriah wanita sholihah adalah wanita yang selalu menjaga kesuciannya dan  auratnya dengan busana pakaian yang rapi, menutup aurat, selalu menjaga pandangan, menjaga adab dan akhlak. Dengan begitu wanita shalihah akan menjadikan ia lebih mulia dan lebih utama dari wanita lainnya.

Lebih dari itu, orang - orang yang bersama mereka adalah orang -orang yang juga baik agamanya, akhlaknya, adabnya, yang telah Alllah SWT anugerahkan kepada mereka keimanan yang benar. Inilah pernyataan yang sesuai dengan Sabda Beliau yang menjelaskan tentang empat perkara yang dapat membahagiakan seseorang, yaitu istri yang sholihah, anak yang sholih, berteman dengan teman yang sholih dan mempunyai pekerjaan di tempatnya berada.

Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang keutamaan - keutamaan wanita Sholihah yang sesuai dengan firman Allah SWT dan sabda nabi-Nya. dan mampu mengamalkan hingga nanti, kita bisa menjadi wanita sholihah yang unggul dalam agama, akidah ,akhlak, dan adab sesuai dengan tuntunan Rasullulah SAW. Amiin.

Bersambung ke Keutamaan Wanita Sholihah (Bag 2)


Raih amal Sholih: Sebarkanlah walau hanya satu ayat